Sabtu, 19 Februari 2011

virus android


Halo temen-temen.. kali ini saya mau ngeshare sesuatu yang berhubungan sama Android. Udah pada tau kan OS mobile yang satu ini.. yaps ini OS Android adalah sistem operasi buatan Google yang terkenal akan banyaknya aplikasi yang gretongan. hehe.. 

Pada awalnya Google mengklaim bahwa OS yang dibuat ini bersih dari virus tapi untuk sekarang pernyataan tersebut mungkin sudah tidak berlaku lagi, pasalnya di Cina mulai muncul Trojan baru yang menyerang handset Android yang bernama GEINIMI, uniknya virus ini hanya berjalan pada handset ber-OS Android saja. Resiko bila terkena virus ini adalah virus akan mengontrol sistem operasi handset secara langsung, bahkan terkadang user tanpa sadar telah dikontrol oleh virus.

GEINIMI menyamarkan diri sebagai aplikasi game yang dipostingkan di online-online store berbasis di Cina. Virus akan mengkorup data pribadi user dan secara otomatis akan membuka aplikasi baru yang sebenarnya adalah GEINIMI. Virus ini akan mulai mengumpulkan data2 personal handset seperti nomor IMEI, dan SIMCard (IMSI). Setelah itu, virus ini akan meremote sistem operasi dan menghubungkan koneksi internetnya ke situs-situs dengan domain seperti : www.widifu.com, www.udaore.com, www.frijd.com, www.islpast.com, www.piajesj,com. 

Sekalinya koneksi jaringan berhasil, maka otomatis virus ini akan mengarahkan user untuk mendownload dan menginstall aplikasi samaran lain ataupun sebaliknya.

Pencegahan yang paling aman adalah memmilih aplikasi Android secara resmi dan selektif di Android Marketplace. Jadi, temen-temen mesti tetep berhati-hati jika mendownload aplikasi2 dari pihak ketiga. OK?!

0 komentar :